Cinta (2) Rify cebung

2
Hari Senin, hari pertama sekolah setelah libur panjang. Jangan berharap kalau di SMAN Plus ini upacara bendera ditiadakan walaupun ini hari pertama. Jangan sampai ada yang berani memberi alasan petugas belum latihan dan sebagainya. Bisa dipastikan kalau ada yang berkata demikian, siap-siap saja seluruh siswa disini kerja bakti hari Senin mulai dari pekarangan sampai ke semua toilet yang ada digedung megah ini. Kalau ditotal ada 40 toilet lebih. Nah, dari pada membersihkan toilet lebih baik panas-panasan sambil berdiri selama sejam.
Ify dan Sivia melangkahkan kakinya kearah lapangan upacara. Disana sudah lumayan banyak siswa yang berkumpul. Sebagian guru juga sudah berdiri disana. Dari arah samping tampak kelompok Gabriel, Dayat, Daud, dan Rio sedang membully Daud. Mereka tertawa dan Daud yang dibully juga ikut tertawa. Ify dan Sivia geleng-geleng kepala.
“Pagi Ify, pagi Sivia.” Sapa Daud. Ify dan Sivia saling tatap dan kemudian bergidik.
“Vi, lo dengar ada yang nyapa kita?” Tanya Ify dengan gaya polosnya. Begitu pula dengan Sivia yang ikut-ikutan Ify. Ia juga memasang wajah polosnya.
“Enggak, Fy. Jadi merinding nih gue.” Anak-anak cowok yang lain udah ngakak. Beginilah derita Daud. Kemudian Ify dan Sivia menoleh ke Daud.
“Eh, lo Ud. Gelap sih lo.” Jawab Sivia.Gabriel dan Dayat mengusap bahu Daud.
“Sabar Bro, Hidup emang keras.” Kata Dayat sok menguatkan.
“Tapi fleksibel, men.” Jawab Sivia membuat yang cowok ngakak sekaligus berpikiran kemana-mana.
“Tahu deh yang punya fleksibel.” Kata Rio sambil mengerlingkan matanya nakal ke Ify dan Sivia. Ify dan Sivia melotot. Dasar Cowok!!
“Kak, Rioo. Otak lu minta dikasih pemutih kali ya?” Rio hanya tertawa begitu juga dengan yang lain.
“Nggak lah Fy, yang butuh pemutih Daud kali.” Daud yang dibully kembali menjawab dengan polosnya.
“emang ada, Fy pemutih buat gue?” Tanya Daud. Ify memutar bola matanya kesal sedangkan Sivia hanya bisa geleng-geleng kepala.
“Ada, bejemur sana di pantai.” Jawab Ify kesal.
“Ayok Vi ke lapangan, udah mau mulai tuh. Ngomong sama mereka bikin lapar.” Ajak Ify dan langsung menarik tanga Sivia.
“Kalo lapar makan Rio aja Fy.” Teriak Gabriel.
“Nggak, Pahit.”
“Sialan lo, Fy.”
Rio dan kawan-kawan pun mengikuti Ify dan Sivia yang telah ke lapangan duluan. Upacara bendera akan di mulai. Pagi yang dimulai dengan indah bagi Rio dan kawan-kawannya. Tetapi, tidak bagi Ify dan Sivia. Cowok-cowok mesum plus gila meruak  mood mereka.
***
Selesai upacara bendera semua siswa langsung berhamburan ke kantin. Tidak peduli lagi dengan guru yang mau member pengumuman tambahan. Cukup Kepala Sekolah yan nggak punya jam tangan itu yang menyita waktu mereka. Bicara sepanjang jalan, tidak mempedulikan banyak siswinya yang tumbang. Ditambah lagi dengan wajah tanpa dosa Kepala Sekolah yang berkata “karena hari cukup panas, bapak sudahi sampai disini saja amanatnya.” Hellooo, kemana saja dari tadi pak?
Ify dan Sivia baru saja kembali dari kantin membeli minuman apa saja yang bisa mendinginkan kepala, mulut dan hati mereka. Kepala, karena cape memikirkan Kepala Sekolahnya yang nggak punya jam tangan. Mulut, karena cape memankan mulut mereka sambil mengikuti ocehan Kepala Sekolah. Hati, cape mengutuk Kepala Sekolahnya dalam hati.
“Untung nggak dia terus pembina upacara tiap Senin.  Kalo sempat dia terus, gue yakin banget gue yang sering keluar masuk ruang BK.” Cerocos Ify sambil menyedot mnuman isotonic yang baru saja dibelinya.
Sivia mengangguk setuju “Gue ngikutin lo deh, Fy. Mana omongannya Cuma mutar-mutar situ aja. Kuping gue demi apapun yang ada dilangit bumi udah berasap.” Ify menoyor kepala Sivia “Beh, gue nggak liat tuh.”
“Kan gue Cuma mau berlebay ria.”
“Ck, elaah. Ada ftv pagi lagi nih.” Ify berdecak begitu melihat Gabriel dan Shilla sedang duduk berdua di tangga samping kelas mereka. Gabriel melempar tatapan kesalnya kearah Ify dengan matanya yang mendadak mau keluar. Ify dan Sivia langsung tertawa melihat ekspresi si Gabriel. Sedangkan Shilla hanya tersenyum malu.
“Nikmatin aja lagi duo Pi, besok nggak ada lagi Ftv pagi hidup lo hampa deh.” Balas Gabriel yang membuat Ify dan Sivia mencibir. Kemudian keduanya tertawa membuat Gabriel manyun. Shilla hanya bisa geleng-geleng kepala melihat tingkah kakak kelasnya ini.
“Lo betah Shil sama ceking ini?” Tanya Sivia masih dengan tawanya.
“kalo gue mah, udah gue tendang kali sampai ke segitiga bermuda.” Sambung Sivia tanpa mendengar jawaban Shilla. Ify dan Sivia langsung berhighfive karena berhasil membully Gabriel.
UPS!!
Ify dan Sivia menutup mulutnya begitu melihat Gabriel. Disana Gabriel telah mengeluarkan asap dari dua telinganya dan di kepalanya muncul dua tanduk berwarna merah. Mukanya juga merah padam karena marah sekaligus kesal dengan tingkah teman sekelasnya yang hyper ini.
Ify dan Sivia mendadak jadi salh tingkah dan menggaruk tengkuk mereka yang tidak gatal lalu nyengir tanpa dosa ke Gabriel. Perlahan kaki mereka melangkah mundur.  1… 2… 3…
“Kabuuuuur,”
“IFYYYYYY, VIIIAAA.” Teriak Gabriel murka sedangkan Ify dan Sivia tertawa sambil memeletkan lidahnya kearah Gabriel.
***
Ify dan Sivia berlari langsung masuk ke kelas mereka. Disana teman-teman sekelas menatap mereka berdua aneh. Dua gadis itu masih membungkuk dengan tangan diatas menahan berat tubuh mereka. Rio yang sedang duduk di kursi guru mengernyit bingung menatap dua gadis cantik ini.
“Lo bedua kenapa?” Tanya Rio. Ia berjalan menghampiri dua gadis itu –tepatnya Cuma Ify. Ia berdiri di depan Ify. Menatapnya lama kemudian mendekatkan kepalanya ke gadis itu. Ify reflex memunduran kepalanya.
“Mau ngapain lo kak?”
Rio hanya diam, lalu tanpa aba-aba lelaki itu langsung menoyor kepala Ify membuat si empu kepala melotot kesal kearahnya. Ify langsung mendorong kepala Rio. Sivia yang melihat itu hanya tersenyum dan geleng-geleng kepala lalu meninggalkan dua anak manusia ini di depan pintu kelas.
“Lo hari ini duduk bareng gue deh, Fy. Jam pertama ada Kimia nih.”
“Lah, terus?”
“Sumpah songong banget lo, gue tahu lo udah hapal Kimia sampai ke kulit paling dalem. Ajarin gue kek, masa iya besok nilai UN gue yang paling dahsyat Kimia. Padahal jelas-jelas gue punya sahabat yang jago Kimia.”
Ify hanya nyengir “Sorry, kak. Gue sih mau ngajarin lo, tapi untuk saat ini nggak ya. Gue udah janji duduk bareng sama Sivia tuh. Daaah kakak ganteng tapi item.” Ify langsung berlari menghampiri Sivia yang sudah staycool di bangkunya.
Rio yang ditinggal Ify hanya bisa pasrah untuk hari ini dan akan menikmati pelajaran Kimia dengan mata terpejam. Lebih baik tidur daripada mendengar yang membuat bosan. Rio jago dalam Mamatika, Fisika dan pelajaran noneksak lainnya, tetapi paling hancur dalam Kimia. Dia sendiri heran kenapa Kimia itu selalu menghantuinya, untung saja ada Ify sahabtnya dari orok yang jago Kimia yang mau mengajarinya –ya walaupun ia harus merogoh koceknya untuk mentraktir gadis itu.
Hhh. Rio menghela napas lalu berjalan kebangku yang telah dihuni tasnya. Guru Kimia Bu Risna Wijaya telah datang “kapan sih lo mau bersahabat sama gue, Kimia.” Gumamnya.
***
Ify melenggang keluar kelas bersama Sivia dan juga Rio dibelakangnya. Tiba diluar kelas matanya reflex melotot. Bagaimana tidak, di setiap sudut dekat kelasnya suah ditempati oleh couple kelas duabelas angkatannya yang bermekaran. Ditangga depan kelas sudah ada Melva dan Halpan, disampingnya berjarak dua meter dari mereka telah duduk sepasang kekasih lagi Elga dan Ridho. Dibelakang tiang sudah ada Dayat dengan Zahra. Ada lagi satu pasangan sipit di dekat tangga samping kelas, Reza dan Ayu.
Memang hari ini Ify dan Sivia juga Rio lambat keluar kelas dikarenakan ada tugas dari Pak Marlius guru Fisika. Mereka ini termasuk murid yang bisa diandalkan dalam bidang yang satu ini. “Sakit mata gue.” Keluh Ify. Sivia yang disebelahnya hanya terkekeh.
“Itu karena lo nggak punya pasangan disini.” Ify menoleh dan mencibir ke Sivia.
“kayak punya aja  lo.”
“Punya, kan kakak sepupu lo.” Sivia mengerling.
“Siviaaa, ngarep ya loo.” Sedangkan Sivia hanya tertawa dan berlari meningalkan Ify. Ify yang melihat Sivia telah berlari duluan mau tak mau akhirnya mengejar karrena ia tahu kemana ujung dari pelarian itu. Kantin!!
Rio yang sedari tadi berdiri dibelakang Ify dan Sivia hanya diam mendengarkan omongan dua gadis hyper itu sampai mereka berdua berlari meninggalkannya. Rio menghela napas. ‘Sama gue bisa kali, Fy.” Sayang itu hanya dalam hati. Rio akhirnya memilih menghampiri Gabriel yang sedang sibuk dengan buku Biologinya.
Gabriel menoleh ke samping saat menyadari ada sebuah badan yang terhempas. Ia menaikkan alisnya lalu tersenyum miring khas miliknya.
“Galau lo?” Rio hanya menggeleng.
“Sotoy.” Gabriel ngakak.
“kalau cinta diungkapin, broo. Bukannya dipendam. Lo tahu, kalau perasaan terus dipendam nggak akan selalu berakhir baik, yang ada perasaan itu terus mendesak ke atas dan akhirnya lo nyesek.”
Rio mencibir “Gaya banget lo.”
“Nggak ada persahabatan cowok dan cewek itu murni hanya karena rasa sahabat. Karna diantara rasa sahabat itu muncul rasa baru yang berjudul Cinta dan Sayang.”
“Lo makin sok ya El?” kata Rio yang cukup lama terdiam. Gabriel yang telah kembali membaca buku biologinya kembali menoleh ke Rio dan menatapnya kesal.
“awalnya gue janji sama diri gue sendiri bahkan hati gue untuk nggak punya rasa apapun kecuali sayang gue sebagai sahabat dan kakak buat dia.” Rio berhenti sejenak. Ia menatap Gabriel yang memilih diam kali ini.
“Tapi, semakin kesini makin kesini juga sayangnya. Makin nempel. He” lanjut Rio dengan kekehannya. Gabriel tersenyum.
“Gue juga.” Ceplos Gabriel tanpa sadar. Rio memicingkan matanya dan Gabriel langsung gelagapan.
“mm.. maksud gue, gue juga bakal kayak lo kalau gue jadi elo.” Rio hanya angkat bahu untuk saat ini. Walaupun ia tahu ada yang disembunyikan sahabatnya ini. Sedangakan Gabriel tampak menghela napas legah. Rio kali ini nggak kepo. Hufftt.
Ify dan Sivia balik dari kantin dan  menghentikan langkahnya menatap Gabriel dan Rio yang sedang duduk ditangga dengan bersender, kakinya diluruskan dengan berat badan ditahan siku. Rio dan Gabriel lanngsung melongos begitu menyadari dua gadis itu menatap mereka.

“ngapain lo bedua disitu? Mau minta tanda tangan?” ceplos Gabriel. Ify dan Sivia hanya memutar bola matanya dan langsung meninggalkan dua cowok yang kini tetawa melihat tingkah mereka.
Category: 1 comments

Cinta (1) Rify cerbung

1

Seorang lelaki jangkung menggunakan baju kaos putih dan dibalut dengan jaket coklat keluar dari rumahnya dengan menarik koper kecil. Kemudian diangkatnya koper itu untuk dimasukkan ke bagasi mobilnya. Dahinya berkerut, disana sudah ada koper yang agak lebih besar dari kopernya.
“nebeng lagi tuh anak.” Gumamnya lalu memasukkan kopernya ke bagasi dan menutupnya. Kemudian diliriknya rumah yang berseberangan dengan rumahnya dan tak lama keluar seorang gadis cantik bersama mamanya. Gadis yang selama ini selalu bersamanya. Bersama dalam kata “sahabat” tidak lebih. Mengingat itu ia menghela napas berat dan tersenyum melihat gadis dan mamanya itu berjalan menghampirinya.
“Kak, Riooo.” Teriak gadis cantik itu. Rio Prama –lelaki jangkung tadi menatapnya aneh.
“Kok natap guenya aneh sih kak?” Pefyta Adam yang biasa disapa Ify menatap Rio kesal. Tangan Rio dengan mulus langsung mendarat dikepalanya mengacak rambut ikalnya.
“iih, berantakan tau.”
“lo kayak dihutan tau nggak, teriak-teriak nggak jelas.” Ify hanya nyengir sedangkan mama Ify -Rita yang mendengarkan dua anak ini hanya geleng-geleng kepala. Dia sudah sangat hapal apa yang terjadi dengan dua anak ini bila bersama.
“Io, Bunda mana?” Tanya mama Ify.
“ada di dalam Ma, bentar lagi keluar kok.” Tak lama keluarlah Bunda Rio bersama Ayahnya. Mereka tersenyum kepada Mama Ify.
“Bun, Mama nitip Ify ya? Mama nggak bisa ngantar ke asrama karena siang nanti mau ke Bandung jenguk Omanya yang sakit.” Jelas Mama Ify. Beginilah keakraban dua keluarga ini. Mama Ify dan Bunda Rio tidak memanggil nama, tetapi mengikuti anak-anak mereka.
Bunda Rio –Ira mengangguk dan tersenyum “Iya Ma, biar Ifynya sama Bunda dan Ayah aja.”
“Thanks Bun. Ify baik-baik ya sayang, nanti kalo udah nyampe di asrama kabarin Mama.”
“Oke Ma.” Jawab Ify lalu memeluk Mamanya. “Mama doain Ify ya, Ify nggak bisa apa-apa tanpa doa Mama. Salam juga buat Oma.” Mama tersenyum dan mengangguk.
“Ya udah, Mama pulang ya. Hati-hati, Rio jagain Ify ya.” Rio mengangguk lalu mencium tangan Mama Ify lalu Mama Ify mencium kepalanya dan berbisik “Mama percaya sama, Rio.”
Suara Ayah Rio yang sudah menunggu di kemudi mobil menyadarkan mereka. Rio membuka pintu belakang mobil dan membiarkan Ify masuk lebih dulu kemudian disusul oleh dirinya. Sedangkan Bunda di depan bersama Ayah.
“Assalamu’alaikum, Mama.”
“Wa’alaikum salam.”

Rio dan Ify sepasang anak manusia ini sekarang bersekolah disalah satu sekolah Boarding School yang mengharuskan mereka harus tinggal di asrama dan berpisah dengan orang tua mereka. Entah apa yang membuat mereka lebih memilih boarding school ini yang pasti mereka akan selalu beralasan “biar mandiri” Yasudahlah.

***
Mobil BMW hitam itu memasuki area parkir sekolah megah SMAN PLUS. Setelah menemukan tempat untuk parkir mobil itu berhenti dan keluarlah Rio dari sisi kiri dan Ify dari sisi kanan. Disusul oleh Ayah dan Bunda Rio. Rio langsung membuka bagasi dan mengleuarkan koper mereka.
Rio melirik Ify yang masih menatap gedung sekolah mereka dengan tatapan Rindu. Terlihat dari kata yang keluar dari mulutnya “Gue kangeeen.” Teriaknya girang. Rio menggelengkan kepalanya dan menggulum senyum.
“Heh, nih koper lo gede amat. Bawa apaan aja lo?” celetuk Rio tiba-tiba. Ify menoleh dan mencibir ke Rio.
“Suka-suka guelah mau bawa apa. Wlee. Kepo.”
“Yee, sewot. Biasa aja dong.” Balas Rio.
“Bodo, lo bawain koper gue ya kak. Titik loh, nggak pake apa-apa lagi.”
“Telanjang dong, Fy.” Ify langsung menimpuk Rio dengan tas kecil yang dipegangnya.
“AWW, AWW.” Ditambah lagi satu bonus cubitan dari Bundanya. Rio meringis dan melotot ke arah Ify yang kini tengah menertawakannya.
“ngomong disaring dulu ya, nak.” Kata bunda lembut tapi tatapannya itu loh tajam. Setajam Silet.
“Iya, Bun. Tapi menurut Rio Bunda salah maksud deh.”
“Sekarang nyalahin Bunda?”
“Eh, enggak Bun.” Ringis Rio membuat Bunda menggeleng kecil. Sedangkan Ify nampak memeletkan lidahnya. Rio menggeram dalam hati. ‘Awas Lo Ify.’
Ify menghampiri Bunda Rio dan memeluk lengan Bunda lalu menyenderkan kepalanya dibahu Bunda dengan manja. Bunda hanya tersenyum melihat tingkah Ify yang sudah ia anggap sebagai anak sendiri. Maklum Bunda Rio tidak memiliki anak perempuan. Bunda hanya memiliki Rio dan Adiknya Ray yang kini sedang liburan di rumah eyangnya di Singapura.
“Kenapa sayang?” Ify menggeleng dan melepas pelukannya.  Bunda mengusap kepala Ify lembut dan mencium pipinya. “Ify sayang sama Bunda.” Rio dan Ayah menghampiri Bunda dan Ify.
“liat deh Yah, cewek hobi banget peluk-peluk.”
“Jangan mulai, Io. Sini Rio Bunda peluk.” Rio menghampiri Bunda dan memeluk sebelah kiri Bunda sedangkan Ify di kanan Bunda. Sedangkan Ayah hanya diam memperhatikan mereka.
DEG!!
Ify tersentak kaget. Kenapa dengan jantungnya. Ify menggeleng lalu melepas genggaman tangan Rio dan pelukan Bunda.
“Hati-hati disini ya anak-anak Bunda. Belajar yang benar, jangan nakal.” Ify dan Rio mengangguk.
“sip, Bunda. Bunda dan Ayah doain Ify dan kak Rio yaa?” jawab Ify.
“Pasti sayang, Ayah dan Bunda pasti selalu doakan kalian.” Jawab Ayah dan diangguki Bunda.
“Bunda dan Ayah pulang ya, jaga diri baik-baik. Rio kalo bandel omelin aja Fy dan cubit kuat-kuat.”
“kalau itu mah, Ify nggak lupa Bundaa.”
“Assalamu’alaikum.”
“Wa’alaikumsalam, hati-hati dijalan Bun, Yah.”
Rio dan Ify memperhatikan mobil BMW itu sampai akhirnya hilang dari penglihatan mereka. Rio melirik Ify begitupun dengan Ify. Keduanya kemudian sama-sama menaikkan alis dan akhirnya tertawa bersama. Entah apa yang membuat mereka tertawa, yang pasti karena mereka selalu bahagia dan tertawa bersama. Kemudian mereka bergandengan tangan menuju Asrama mereka. Sederhana sekali.
***
Ify memasuki kamarnya lalu menghempaskan tubuhnya dikasur ukuran single miliknya. Kemudian ia melirik kasur di sebelahnya, ternyata kawan sekamarnya -Sivia belum datang. Ia menatap loteng kamarnya dan kembali teringat kejadian diparkir tadi. Sebelum-sebelumnya Rio juga sering menggenggam tangannya, tetapi kenapa tadi rasanya berbeda. Ify memijit pangkal hidung bangirnya.
“gue takut akan rasa ini, kak.” Gumamnya lirih.

Tak jauh berbeda dengan Ify, Rio sekarang sedang bermenung dibalkon kamar asramanya sambil memangku sebuah gitar. Pelan, ia memulai memetik gitarnya. Keluarlah suara merdu miliknya
Bila saja engkau tahu
Dihatiku ada kamu
Bila saja kau mengerti
Tiap waktu ada kamu
Aku tak bisa dustai hatiku
Untuk munafiki sem..
Rio berhenti, lagu itu tidak sejalan dengan hatinya. Ia malah mendustai hatinya dan munafiki semua rasa itu. Rasa yang sudah cukup lama bersemayam dihatinya dan Ify nggak boleh tahu semua ini. Ia tidak mau kebersamaan atas nama sahabat ini retak karena rasa bodoh itu. Hei Rio, itu bukan rasa bodoh.
Sebuah tepukan dipundaknya membuat Rio berhenti bermain dengan pikiran dan hatinya. Ia menoleh dan mendapati Gabriel sahabatnya juga roommatenya berdiri dibelakangnya.
“lo kenapa, Io?” Rio mengernyit.
“Emang gue kenapa?” Gabriel menggeleng dan memilih diam lalu berjalan menuju kasur.
“lo udah lama datangnya?” Tanya Rio dan mengikuti Gabriel duduk di kasur lalu menyandarkan gitarnya di samping lemari.
“Sejak lo nyanyi sih. Kok tiba-tiba berhenti nyanyinya?”
“Males.” Jawab Rio pendek.
“gue nggak yakin. Seandainya gue bisa tanya sama hati lo, pasti jawabannya nggak akan sama dengan mulut lo.” Rio mencibir dan menoyor kepala Gabriel.
“Dimana-mana hati itu nggak bisa ngomong dodol.” Rio berdiri dan keluar dari kamar meninggalkan Gabriel.
“Mau kemana lo?” Teriak Gabriel.
“Kehatimuuu.”
“Najiiis.” Membuat Rio yang berada diluar ngakak mendengar teriakan Gabriel. Ia kemudian pergi menuju kamar teman-teman seasramanya. Biasanya kalo baru pulang dari rumah berbagai makanan tersaji disetiap kamar.
“Eeel, lo mau dureen nggak. Daud bawa banyak nih.”
“Mauu, mau, mau Iooo. Tungguin gue.” Beginilah anak asrama.
***
Sivia membuka pintu kamarnya pelan dan melihat Ify sedang tertidur. Diliriknya jam yang terletak di atas meja belajar Ify 18.20. Ya ampun, Ify pasti belum shalat Magrib. Digoyang-goyangkannya tubuh Ify bermaksud membangunkan.
“Py, Py, Ipy. Bangun, udah Magrib lo belum shalat kan?” Ify menggumam dan menggeliat. Ia kemudian memicingkan matanya menatap Sivia “Udah shalat?” Tanya Sivia.
“hmm.”
“Udah shalat?” Tanya Sivia sekali lagi.
“Lagi dapet, Via.” Ify mendudukkan dirinya dan mengucek-ngucek matanya.
“Hoaam, lo kapan datang?” Ify mengambil air mineral yang terletak diatas mejanya dan meneguknya sampai setengah. Bangun tidur kerongkongan terasa kering.
“Barusan, lo mandi dulu gih Fy. Ntar gue siap lo.” Ify mengangguk lalu meraih handuknya yang tergantung dibelakang pintu.
“Eh Vi tumben lo telat datangnya?” Tanya Ify sebelum membuka pintu kamar mandi. Sivia hanya menjawab dengan gelengan kepala dan tersenyum. Ify membulatkan mulutnya dan langsung masuk ke kamar mandi.
Sivia melihat Handphonenya dan melihat ada sebuah pesan dilayar. Seketika senyum Sivia langsung mengembang. Dengan lincah jari-jarinya langsung bergerak untuk membalas pesan singkat itu. Hanya pesan singkat, tetapi bisa membuat hatinya berjingkat. Rasa itu lagi.
Ify keluar kamar mandi dan memandang Sivia heran. Apa yang terjadi dengan sahabatnya ini selama ia mandi. Jangan-jangan kena toyor penghuni asrama ini lagi. Ify bergidik ngeri.
“Vi.” Panggil Ify pelan. Sivia terlonjak dan mengelus dadanya pelan.
“Ngagetin aja lo.” Ify memutar bola matanya.
“Yang ada elo ngagetin gue, gue keluar kamar mandi eh elonya senyum-senyum sendiri melototin tuh Hp. Smsan sama siapa sih?” ify mengambil duduk disamping Sivia dan melongok melihat isi pesan yang membuat Sivia senyum-senyum sendiri. Belum bisa ia melihat kepalanya sudah didorong oleh Sivia membuatnya merengut kesal..
“kepo lo ah. Ntar deh gue certain, gue mau mandi dulu. Bye sayangkuu.”
“Iih, Jungkek kamuuu.”
Jungkek kata yang artinya fleksibel bagi dua anak manusia ini. Kata yang mereka ciptakan secara spontan tanpa tahu artinya apa. Jika ada yang menanyakan artinya apa mereka selalu jawab “terserah lo aja mau ngartiin apa, sesuai keadaan artinya.”
***
Sekarang Ify dan Sivia sedang berjalan di koridor asrama. Mereka akan menuju ruang makan untuk makan malam. Sesekali terdengar tertawa mereka karena lelucon yang dilontarkan. Mereka juga melempar senyum dan menjawab sapaan dari adik kelas dan teman seangkatan mereka.
“Eh, Vi. Tadi lo smsan sama siapa?” Bisik Ify. Kenapa berbisik? Kerena takut ketahuan sama guru atau pembina asrama. Bisa-bisa malam ini langsung sidak mendadak lalu handphonenya ditangkap dan baru dibalikin setelah lulus nanti.
“Coba deh tebak.” Ify mencibir membuat Sivia manyun karena ia yakin kalo Ify sudah mencibir pasti ia tahu. Meledaklah tawa Ify.
“Ciee, calon kakak ipar gue.”
“lo pikir gue sudi punya adik ipar sejenis lo?” balas Sivia dan Ify langsung menoyornya tanpa ampun.
“sembarangan lo, lo pikir gue jenis apa?” sewot Ify.
“Jenis macan bercula satu. Haha.” Ify melotot. Sembarangan sekali sahabatnya ini mana ada macan bercula satu yang ada itu badak bercula satu.
“ehem, berarti secara nggak langsung lo bilang kakak sepupu gue macan bercula satu dong, Vi. Di dalam tubuh kitakan ngalir darah yang sama.” Jawab Ify santai.
“Nah, gue dapat lagi satu kesimpulan kalau elo juga termasuk jenis yang elo sebut tadi, karena yang gue tahu biasanya kan kucing kawinnya sama kucing. Nggak mungkinkan kucing kawin sama kambing.” Ify menaikturunkan kedua alisnya menggoda Sivia.
“ah, rese lo Fy.”
“hahaa, ayo makaan. Lo yang ambilin nasi gue, biar gue yang ngambil air minum. Sini botol minum lo.” Sivia mengangguk lalu memberikan botol minumnya ke Ify.
Ify selesai mengisi botol minumnya dan menunggu Sivia yang masih di dalam mengambil nasi. Tak lama Sivia keluar dengan membawa dua nampan berisi nasi beserta lauk-pauknya lalu menghampiri Ify dan menyerahkannya ke Ify.
“Makan dimana?” Tanya Sivia sambil melongokkan kepalanya mencari tempat yang masih kosong. Ify juga sama, kemudian ia melihat tempat kosong tanpa aba-aba lagi ia langsung menarik tangan Sivia.
“Oy, kita makan disini ya.”
***
“Oy, kita makan disini ya.” Dayat, Rio dan Gabriel yang sedang asyik makan langsung mendongak. Menatap dua gadis hyper yang berdiri di samping meja mereka.
“lo mau minta izin atau mau malak?” Tanya Rio. Ify hanya nyengir memamerkan deretan gigi berbehelnya.
“Dasar behel.” Gumam Gabriel.
“Gue denger ya, El.” Ify langsung mengambil duduk di samping Rio dan Sivia di samping Dayat. Lalu ia melempar Gabriel dengan serbet di atas meja, tetapi Gabriel bisa menghindar dan menjulurkan lidahnya kearah Ify.
“Eh, ngapain lo duduk. Emang kita udah ngijinin?” Tanya Dayat sedangkan Ify dan Sivia hanya memutar bola matanya lalu serentak berkata “Kepo.”
Dayat mendengus “Capek emang ngomong sama lo berdua.”
“Ya udah nggak usah ngomong, ribet lo.”
Gabriel dan Rio tertawa. Dasar si Dayat udah tahu dua gadis ini sedikit miring. Masih saja dikepoin. Ify dan Sivia dengan santainya langsung memakan nasi mereka tanpa memedulikan yang mereka anggap orang gila ini –Dayat, Gabriel.
***

Dayat, Rio dan Gabriel selesai makan sedangkan dua gadis yang bersama mereka –Ify dan Sivia masih menikmati makan mereka. Tak lama Sivia selesai juga dan tinggal Ify yang masih makan.
“Kayak siput deh makan lo, Fy.” Celetuk Gabriel dan Dayat mengangguk setuju. Sedangkan Sivia dan Rio hanya diam. Sudah hafal dengan cara makan Ify.
“Masalah buat lo? Cara gue ini.” Ify meminum airnya kemudian mencuci tangannya. Ia selesai makan masih dengan menyisakan separuh nasinya.
“Mana nggak habis lagi, pantes badan lo cungkring gitu.” Tambah Gabriel.
“Liat badan lo, makannya aja yang banyak badan lo segitu aja. Lo juga cungkring kali tambah bangetnya lagi.” Ledek Ify.
“ah, males gue ngomong sama lo Fy.”
“Eh, Fy lo udah punya pacar?” Tanya Dayat.
“kenapa? Lo mau daftar, Day? Lebih baik nggak usah deh, nanti ada yang ngamuk. Ya walaupun dalam diam sih ngamuknya.” Jawab Gabriel mendahului Ify. Ify melempar serbet yang baru saja digulungnya ke muka Gabriel membuat Gabriel meringis.
“Mana ada yang mau sama gadis manja kayak dia.” Celetuk Rio. Gabriel melirik nakal kearah Rio dan tersenyum gimanaa gitu? Rio mendadak jadi risih melihat tingkah sahabatnya ini. Jijong sekali. Gabriel langsung mengkode Dayat.
“Masa’ sih Io?” Rio hanya diam, malas meladeni sahabat gilanya ini.
“Eh, El emang kalo gue mau daftar jadi pacar Ify yang bakal ngamuk siapa?” Tanya Dayat sok-sokan.
“Itu kambing itam, yang suka masuk pekarangan sekolah.” Jawab Gabriel tanpa dosa dan dayat langsung ngakak bersama Sivia diikuti Rio yang tertawa sumbang. ‘Gabriel sialan. Secara nggak langsung dia bilang gue kambing itam.’ Bathin Rio.
Ify? Dia sudah mencak-mencak tidak terima dikatai Gabriel dan ia langsung bangkit dari duduknya meninggalkan mereka yang tertawa. Sivia yang tersadar Ify pergi langsung mengejar Ify. “Ifyyy, tungguuiiin.”
“hahaha.” Gabriel dan Dayat masih saja tertawa.
“ketawa aja terus, biar gue masukin tulang ikan itu ke mulut lo pada.” Sindir Rio. Gabriel dan Dayat langsung diam.
“gue mau ke Masjid duluan. Buangin tuh sisa makan gue.” Rio langsung bangkit meninggalkan Gabriel dan Dayat.
“Allahuakbar, Allahuakbar.” Terdengar suara adzan dengan kompak Gabriel dan Dayat menepuk jidatnya masing-masing.
“Gue Muadzin.”
“Gue Imam.” Keduanya saling pandang kemudian dilihatnya Ustadz Khafif sedang berjalan kearah Musholla dan mereka langsung berlari.

“Mati, bisa diamuk Ustadz.”
Category: 0 comments

Cowok Sombong :/

Halo, Hai semua.
siang ini aku mau ngepost coretan Gaje karena seseorang yang bikin aku kesal. Sombong sekali Dia. Bar juga 10 tahun. :O Okkeh, 10 tahun itu nggak bentar. Asli udah lama banget, tapi setidaknya balas kek mention akuuu.

Okkeh, ini berawal dari aku yang ngeflashback kejadian pas SD aku. Mengingat kembali teman-teman sewaktu aku sekolah di SDN 014 concong luar Tembilahan. Yang aku ingat ada Erni, Ade, Isal, Novi, Mardalena, Rizal. Cuma itu yang masih bisa diingat. Karena mereka yang menciptakan kenangan yang tak bisa dilupakan.
Erni, ini teman pertama aku lah, dia baik ibunya juga baik sama aku. Dia punya abang dan kami sering main bareng. Itu aja sih yang aku ingat tentang dia dan sekarang aku nggak tahu wajahnya kayak apa.

Isal, bapaknya itu kawan bapak Aku. Nggak terlalu dekat sih, tpi kejadian yang paling diingat pas masa itu adalah dia mau bunuh diri. Bayangkan, anak kelas  satu SD udah mikirin itu. Yang bikin aku ketawa tiap kali ingat ini adalah cowok ndut bernama Ade mau ikutan bunuh diri juga. Capeek deeh.
Ngomong-ngomong tentang Ade. Hari Sabtu sore aku ketemu sama Ayah dan Ibunya, nggak nyangka sih dan ternyata hari itu juga aku bisa jadi ketemu sama dia, karena pas Ayah sama Ibu dia ngomong sama aku dan Ibu dia baru aja lewaat. Dan aku penasaran dengan wajah dia sekarang. Sumpah.
Kata ibu Ade dia punya sepupu yang satu sekolah denganku, Nanda namanya masih kelas X. aku tanyalah sama Nanda nama twitternya. Dan ternyata saudara—saudari dia berubahnya jauuuh banget. Dia udah nggak ndut lagi, dia kurusan tetapi nggak terlalu kurus. Pas lah yaa.
Dan ini yang bikin kesal, aku Follow twitternya dan langsung mention minta folback serta nanya kabar dan ternyata saya dikacangiiin. Udah 2 hari mention tuh nggak dibalees dan nyatanya dia selalu Updeet. Sumpah, sakit hati deh.


Dasar, padahal Cuma mau kembali menjalin silaturrahmi. Cowok Sombong!!! :@
Category: 0 comments

Kutipan Film Part 2 @Filmania


hay guys, ini iseng lagi ngutip yang ada di dalam Film2, hihi
1. "Bahagia adalah saat kita bisa nyaman dengan apa yang kita miliki" - Rasa
2. "Aku bermimpi menjadi penyu,bisa membawa rumahnya kemana saja" - The Mirror Never Lies
3. "Aku merasa sudah memberi kepastian,bahwa aku cinta kamu" - Love is Cinta
4. "LDR itu harus setia sama mailbox" - Kambing Jantan
5. "Raihlah mimpimu, Kejarlah citamu, Jangan pernah menyerah untuk menjadi yang terbaik" - KING
6. "Betapa nilai seseorang sangat terasa justru ketika dia tiada" - Ungu Violet
7. "Hukum Newton II 'Cewek cantik pasti nggak ngerasa cantik'" - Cin(T)a
8. Menangis dan tertawa bersama... Sahabat ~ Laskar Pelangi
9. "Jalan lurus ke depan, jangan menoleh ke belakang, apapun yang terjadi" - 9 Naga
10. "Kalau cinta udah didepan mata, langsung tangkep aja, ngapain tunggu lama-lama" - CBP
11. "Satu hari gak akan mengubah segalanya" - VIRGIN 3
12. "Kita semua pernah merasakan dihianati dan menghianati, setia dan tidak setia" - From Bandung with Love
13. "Gue bingung gimana terjemahin kata Love" - Love is Cinta
14. "Kalo ngga bisa lari, jalan juga gpp, yang penting ngga diem di tempat" - CINLOK
15. Jangan iri atas kesuksesan orang lain, ketahuilah bahwa mereka berada di sana karena tekad dan kerja keras - Laskar Pelangi
16. selemah apapun musuhmu, jgn pernah meremehkannya – Naruto
17. jangan pernah lupakan kekuatan senyuman, Selama kau bertahan, banyak hal menyenangkan yang akan terjadi. ~ One Piece
18. "Bahagia adalah saat kita bisa nyaman dengan apa yang kita miliki" - Rasa
19. "Raihlah mimpimu, Kejarlah citamu, Jangan pernah menyerah untuk menjadi yang terbaik" - KING
20. "Terimalah kenyataan,cintamu yang dulu telah pergi" - Dealova
21. "Cewe itu kalo bilang gak mau berarti mau." - Claudia Jasmine
22. pengetahuan tidak dapat menggantikan persahabatan ~ spongebob
23. Hidup itu sekali, mati juga sekali dan menikahlah sekali ~ kuch kuch hota hai
24. hidup tidak lepas dari kejutan-kejutan kecil ~ One Piece
25. orang jahat adalah orang yang tidak bertanggung jawab ~ Doraemon
26. Buat apa sih mikirin orang yang belum tentu mikirin kita! - Love
27. Aku bisa saja meninggal kan manusia tapi aku tidak bisa meninggal kan tuhan ~ rabne bana di jodi
28. Kamu tidak perlu tau tentang masalalu sesorang, yang kamu perlu tau adalah apa yang telah dia lakukan untukmu ~ Secret
29. Hari ini adalah Anugerah, Kemarin adalah Sejarah, dan besok adalah misteri ~ Kungfu Panda
30. Jika kita berpikir diri kita special & berpikir mampu melakukan hal yang special maka kita sudah menjadi seorang yang special. ~ kunfu Panda
31. Kawan sejati ialah dia yg tetap menyayangimu meski dia tahu semua sifat jelekmu ~ Spongebob
32. Kebahagiaan pikiran sangat mempengaruhi kebahagiaan kehidupan ~secret
33. Kita tidak mewarisi bumi ini dari nenek moyang kita melainkan memimnjamnya dari anak cucu kita ~ Fantasia
34. Beberapa orang ditakdirkan saling jatuh cinta, tetapi tidak menjalin suatu hubungan - Love In Paris
35. Temanmu Gagal, Kamu merasa sedih . Temanmu yg terbaik, Kamu merasa lebih sedih lagi - 3 idiots
36. Percayalah, perpisahan bukan akhir dari segalanya - Perahu Kertas
37. Terkadang diam itu bahasa Cinta, dan suatu saat nanti diam itu akan menghilangkan cintamu" - Barfi
38. Namanya juga lg jatuh cinta, jgnkan warna kesukaan lo , nama nenek buyut lo juga dia tau -Broken Heart
39. Kamu jangan pernah takut kehilangan saya, karena kita adalah satu." - Habibie Dan Ainun
40. Yang lo tunggu orang yg tepat, karena hidup ini terlampau singkat jika dilewatkan bersama pilihan yg salah". – TakBiasa
41. Jadi.. kamu ingin menjadi sesuatu yang bukan diri kamu dulu, untuk akhirnya menjadi diri kamu yang asli, begitu? - perahu kertas
42. dua orang yg mengalami perbedaan dalam cinta, mereka sesungguhnya telah diikrarkan bukan karena keyakinan, tapi karena cinta- @cintatapibeda
43. Apa yang telah dipersatukan tuhan tidak dapat dipisahkan oleh manusia - @cintatapibeda
44. Kita belajar memaafkan dan menerima kembali. Itulah cinta sejati. "Our love is true love" - Kangen
45. Orang tua adalah cermin dimana anak melihat masa depannya - Belahan Jiwa
46. Karena "Hati" lah manusia merasakan sakit. -Ulquiorra
47. Jangan harap, aku akan memaafkanmu. Jika kau menyakiti seorang temanku. -Shanks
48. Gue sih percaya cuma ada satu orang untuk setiap satu orang, itu namanya belahan jiwa - Janji Joni
49. "Aku itu manusia, bukan mainan kamu!" - Radio Galau FM
50. Secerdas-cerdasnya otak kamu, gak akan bisa dipakai untuk mengerti hati - Karel, Perahu Kertas






okeee, ini lanjutaannya. besok2 dilanjt lagiduuung :D
Category: 0 comments

Kutipan Film @Filmania



berikut ini kutipan dari beberapa film, iseng-iseng hihi. ayo dibaca :D




1. "Kita tidak pernah tau bagaimana mencari cinta, apalagi untuk mengetahui kapan cinta datang berkunjung." -Andai Ia Tahu

2. "I have a love in my life. It makes me stronger than anything you can imagine." - Punch-Drunk Love

3. It's not who you are underneath, it's what you do that defines you - Batman Begins

4. melanggar misi memang sampah,tetapi yng meninggalkan teman demi misi lebih rendah dri sampah - uchiha obito

5. If you love somebody you live with them, you live for them. You don't gamble with your life" - Rocky V

6. kau tahu !? bahwa takdir dapat dirubah dan semua orang pasti bisa melakukannya - neji vs naruto

7. pada akhir zaman, yang penting bukan siapa dirimu saat dilahirkan. Tapi siapa dirimu didalam hati”. (Godfrey)--- Kingdom of Heaven

8. mengapa kita terjatuh? agar dapat belajar berdiri kembali" - Batman Begins

9. buat apa kita hidup klo cuma buat ngikutin gaya orang lain ? -realita cinta rock and roll

10. Sahabat adalah mereka yg membantumu bangkit tuk percaya diri, ketika org lain berusaha menjatuhkan dan meremehkanmu. - spongebob

11. Makanya jd orang jgn egois ~ Love In Perth

12. Buat apa sih mikirin orang yang belum tentu mikirin kita! - Love

13. Cuma Tuhan yang tahu rasanya jadi diri gue - cin(t)a

14. Ada dua warna putih yang menurut aku paling sempurna, cinta dan kamu - Selamanya

15. Love is when you start confusing about your own feeling - Love in Perth

16. kalo mereka gak jodoh mau gimanapun pasti pisah. Yang penting orang harus berani milih dulu, jadi kita tau jodoh atau gak - Alexandria

17. Cinta tak telihat oleh mata, tak teraba oleh tangan. Tapi dia ada sejak kita bahkan belum bisa mengucapkannya - Love

18. Ternyata benar, kalo jodoh kita pasti ketemu - Heart 2 Heart

19. Terkadang kita gak butuh alasan buat jatuh cinta - Satu Jam Saja

20. Aku tidak ingin apa-apa selain hanya bisa melihatmu tersenyum. Itu cukup buatku - My Last Love

21. Kalo kamu memang cinta sama aku, jangan lepasin tangan aku - Bila

22. Aku cuma minta satu permintaan aja, setiap aku ulang tahun kamu selalu ada disamping aku - Bila

23. Cinta? Cinta itu seperti sekotak coklat | Berarti rasanya manis dong? | Tapi gak selamanya coklat itu manis, sayang - Bila

24. Kamu cukup tinggal nanya sama aku, aku mau atau enggak jadi pacar kamu dan aku pasti jawab iya - pupus

25. Gue sukanya sama gerimis | Kenapa? | Ehm, lebih romantis aja daripada hujan - sunny

26. Gue sukanya sama gerimis | Kenapa? | Ehm, lebih romantis aja daripada hujan - sunny

27. hidup ini mudah. kau buat keputusan, dan jangan mundur lagi. - Tokyo Drift

28. Hari terus berganti.... tak pernah berakhir dan semua harus memiliki sebuah tujuan - Taxi Driver

29. Tanpa perih, tanpa pengorbanan, kita tidak akan punya apa-apa. Fight Club

30. Jika bumi mati, kamu mati. Jika kamu mati, bumi tetap lestari - The Day The Earth

31. Never give up no matter how hopeless - Titanic

32. Apapun yg kamu mau, kamu harus berjuang keras untuk ngedapetin apa yg kamu mau. ~ Pupus

33. Apapun yg kamu mau, kamu harus berjuang keras untuk ngedapetin apa yg kamu mau. ~ Pupus

34. Aku sayang sama kamu sejak kamu disitu. Sampe sekarang kamu gak tau gimana aku sayang sama kamu - alexandria

35. Kesimpulannya, gue lebih perlu sahabat gue di dunia ini daripada cowok nyebelin kayak lo! - Ada Apa Dengan Cinta.

36. "Ya, karna segala sesuatu itu perlu pengorbanan! Apa lagi Cinta" - Lost in love

37. Kalian yg cuma mementingkan diri sendiri tak akan pernah mengerti arti kehilangan teman ~ Naruto

38. Jika kau menginginkan perubahan, maka rubah dulu pemikiranmu - GIE

39. hanya orang sombog yg berpikir bahwa dia tak butuh teman – perahu kertas

40. "Bagiku kebebasan itu mudah diucapkan, tapi sulit untuk dimengerti" - Perempuan Berkalung Sorban

41. Jangan paksa aku untuk berhenti mencintai kamu, aku ga akan pernah bisa" - Radit dan Jani

42. Biar kecut, asal bukan pengecut" - Petualangan Sherina

43. lakukan yg terbaik sekarang, jgn mengkhawatirkan yg akan datang – Perahu kertas

44. Jika kita mencintai seseorang, kita akan sentiasa mendoakannya walaupun dia tidak berada disisi kita. – Cinta Tapi Beda

45. Penderitaan membuat seseorang semakin kuat dan berkembang ~ Naruto


okeh, sekian dulu yaaa. kapan-kapan aku bikin lagi.
bubay sista, and brada :D
Category: 0 comments

SENI RUPA


SENI RUPA

A.    PENGERTIAN SENI RUPA

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolahkonsep garis, bidang, bentuk,volume, warna, tekstur dan pencahayaan dengan acuan estetika. Seni rupa dibedakan ke dalam tiga kategori, yaitu seni rupa murni, kriya, dan desain. Seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan eksresi pribadi, sementara kriya dan desain lebih menitikberatkan fungsi dan kemudahan produksi.
Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts.

B.     MACAM-MACAM SENI RUPA
1.                    Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar.
contoh gambar  : 

2.                   Seni grafis adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas. Kecuali pada teknik Monotype, prosesnya mampu menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak, ini yang disebut dengan proses cetak. Tiap salinan karya dikenal sebagai 'impression'. Lukisanatau drawing, di sisi lain, menciptakan karya seni orisinil yang unik. Cetakan diciptakan dari permukaan sebuah bahan , secara teknis disebut dengan matrix. Matrix yang umum digunakan adalah: plat logam, biasanya tembaga atau seng untukengraving atau etsa; batu digunakan untuklitografi; papan kayu untuk woodcut/cukil kayu. Masih banyak lagi bahan lain yang digunakan dalam karya seni ini. Tiap-tiap hasil cetakan biasanya dianggap sebagai karya seni orisinil, bukan sebuah salinan. Karya-karya yang dicetak dari sebuah plat menciptakan sebuah edisi, di masa seni rupa modern masing-masing karya ditandatangani dan diberi nomor untuk menandai bahwa karya tersebut adalah edisi terbatas.
Contoh gambar :   

3.                   Seni patung adalah cabang seni rupa yang hasil karyanya berwujud tiga dimensi. Biasanya diciptakan dengan cara memahat, modeling (misalnya dengan bahan tanah liat) atau kasting (dengan cetakan).
Contoh gambar
                 

4.                   Seni instalasi (installation = pemasangan) adalah seni yang memasang, menyatukan, dan mengkontruksi sejumlah benda yang dianggap bisa merujuk pada suatu konteks kesadaran makna tertentu. Biasanya makna dalam persoalan-persoalan sosial-politik dan hal lain yang bersifatkontemporer diangkat dalam konsep seni instalasi ini.
Seni instalasi dalam konteks visual merupakan perupaan yang menyajikan visual tiga dimensional yang memperhitungkan elemen-elemen ruang, waktu, suara, cahaya, gerak dan interaksispektator (pengunjung pameran) sebagai konsepsi akhir dari olah rupa.
contoh gambar
                    

5.                   Seni Keramik adalah cabang seni rupa yang mengolah material keramik untuk membuat karya seni dari yang bersifat tradisional sampai kontemporer. Selain itu dibedakan pula kegiatan kriya keramik berdasarkan prinsip fungsionalitas dan produksinya.
contoh gambarnya





C.    GAYA-GAYA DALAM SENI RUPA


Gaya Primitif
1.Tidak mengutamakan keindahan, teteapi untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kepercayaan
2.Untuk upacara ritual
3.Terkesan misteri, magis, dan makna lambing
4.Proporsi bentuk tidak sempurna
5.Lugas atau apa adanya


Gaya Klasik
Seni rupa gaya klasik memiliki cirri sebagai berikut :
1.Pada masa prasejarah atau jaman kerajaan penuh keindahan, kemegahan, kewibawaan, dan
   kesempurnaan
2.Penggambaran segala sesuatu serba sempurna, termasuk obyek manusia
3.Seni kriya dan seni bangunan tampak kemewahan berupa ornament, ukiran sehingga tampak glamour


Gaya Baru/ seni modern
Seni rupa modern mempunyai cirri sebagai berikut:
1.Berbentuk unik
2.Batasan seni jadi kabur, antar seni lukis, seni patung dan seni arsitektur
3.Obyek dan coraknya tampak bebas
4.Wujud karyanya terkesan aneh


Corak seni modern berkembang jadi berbagai aliran, antara lain:

1.Klakisme
Mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1)Generalisme
2)Mewah
3)Idealisme
4)Rasio menjadi titik tolak seni
Tokohnya : Vigee Lebrum, Jon Ingres


2.Neo klakisme
Aliran ini dipengaruhi oleh seni klasik Yunani dan Romawi kuno sifat-sifatnya sebagai berikut :
1)Homosentris dan idealism
2)Subyektif
3)Mendambakan yang hamornis
4)Berusaha memikat hati
Contoh : Girodet, Da Vinci, Raphael


3.Romantisme
Menghendaki suatu lukisan hatus menggambarkan suatu peristiwa, yang didalamnya terkandung suasana kehidupan yang penuh dengan pertentangan dan emosi yang berlebih-lebihan
Tokohnya : Teodore Gericault, Eugene Delacroix,dll


4.Realisme
Aliran ini dipengaruhi hal yang nyata. Sifatnya antara lain:
1)Melukiskan dunia tanpa fantasi
2)Cenderung melebih-lebihkan karakter
3)Menggambarkan sesuai dengan kenyataan
Contoh : Gustave Courbet


5.Naturalisme
Aliran ini sebenarnya masih hampir dengan aliran realisme. Bedanya, aliran naturalisme cenderung melukiskan segala sesuatu dengan keadaan aslinya.
Contohnya : Theodore Rosseaeu

6.Impresionisme
Melukis dengan mengutamakan kesan yang dihasilkan dari hasil pandangan seniman
Lukisan ini tidak ada kontur yang membatasi ruang benda
Tokohnya : Monet, Aguste Renoir

7.Ekspresionisme
Melukis dengan goresan garis dan warna yang tampak spontan, tegas, cepat, dan dinamis, sehingga
hasilnya semata-mata sebagai hasil ungkapan isi hati seniman tersebut.

Contoh : Van Gough, Gaughin dan Eduard Munch

8.Kubisme
Melukis dengan menampilkan obyek yang terdiri dari bidang-bidang geometris, persegi, kotak, seperti kubusyang tersusun.
Contoh : Picasso

9.Surealisme
Melukis yang banyak mengungkap hal-hal aneh dan ajaib yang ada di luar kesadaran
Contoh : Salvador Dalli dan Yofra

10.Abstrakisme
Melukis dengan tidak menggambarkan obyek alam secara nyata atau rill karena banyak ditentukan ide pelukisnya, akan tetapi bentuknya artistic dan unik
Contohnya : Kanainsky, Piet Mondrian

             
Category: 1 comments

TUGAS SENI KELAS X MATERI SENI MUSIK SMAN PINTAR KUANTAN SINGINGI bagian II


Tangga Nada Mayor
Dalam teori musik, skala mayor atau tangga nada mayor adalah salah satu Tangga nada diatonik. Skala ini tersusun oleh delapan not. Interval antara not yang berurutan dalam skala mayor adalah: 1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2.
Sebagai contoh, tangga nada A minor adalah C, D, E, F, G, A, B, C'

Ciri-ciri tangga nada mayor
Ciri-cirinya adalah:
  • Bersifat riang gembira
  • Bersemangat
  • Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C
  • Mempunyai pola interval : 1 , 1 , ½, 1 , 1 , 1, ½

Circle of fifths

mayor
mayor
0
1
2
3
4
5
6
7
                    huruf kecil adalah minor                        
angka menunjukkan jumlah mol atau kres pada tangga nada (F = 1 mol, f = 4 mol, dst)






Tangga nada minor
Dalam teori musik, tangga nada minor atau tangga nada minor adalah salah satu tangga nada diatonik. Tangga nada ini tersusun oleh delapan not. Interval antara not yang berurutan dalam tangga nada minor (asli) adalah: 1, 1/2, 1, 1, 1/2, 1, 1.
Sebagai contoh, tangga nada A minor adalah A, B, C, D, E, F, G, A'
Tangga nada minor dapat dilihat sebagai mode musik keenam dalam tangga nada mayor. Tangga nada minor kadangkala dianggap mempunyai bunyi yang cenderung lebih sedih dibandingkan dengan tangga nada mayor.
Ciri-cirinya adalah:
  • Bersifat sedih
  • Kurang Bersemangat
  • Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada La = A
  • Mempunyai pola interval : 1 , ½ , 1 , 1 , ½ , 1 , 1

Tanda mula tangga nada minor
Tangga nada minor menggunakan tanda mula yang sama dengan tangga nada mayor; tanda mula yang sesuai dengan pola interval suatu tangga nada minor alami dianggap sebagai tanda mula untuk tangga nada minor tersebut. Tangga nada mayor dan minor yang memiliki tanda mula sama disebut sebagai relatif; jadi tangga nada C mayor merupakan mayor relatif dari tangga nada A minor, dan tangga nada C minor adalah minor relatif dari tangga nada Es mayor.
Tangga nada mayor relatif dari suatu tangga nada minor ditentukan dengan menaikkan nada tonika tangga nada minor tersebut sebanyak satu nada dan satu seminada (tiga setengah langkah), yaitu dengan interval terts minor. Jika tanda mula suatu tangga nada, misalnya G mayor, terdiri dari satu kres, maka tangga nada minor relatifnya, E minor, juga memiliki satu kres sebagai tanda mula.
Tabel berikut menunjukkan jumlah tanda mula untuk tangga nada minor dan tangga nada mayor relatifnya.







Circle of fifths

minor
minor
0
1
2
3
4
5
6
7
                    huruf kecil adalah minor                        
angka menunjukkan jumlah mol atau kres pada tangga nada (F = 1 mol, f = 4 mol, dst)
·          
Category: 0 comments